Skip to main content
ContactSitemap
©2020 RICO DS ❤️

Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog

✓ Ditulis Pada 09/07/20
Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog

Saya tidak tau bagaimana cara anda memulai untuk membuat postingan pada blog. Saya sendiri cukup banyak melalui step by step hingga kalian bisa membaca postingan ini.

Saya rasa pastinya cara anda dan saya tidaklah jauh berbeda jika kita ngeblog dengan platfrom blogger.com dan saya yakin juga untuk platfrom lain kurang lebih mungkin sama juga.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan sedikit bercerita tentang bagaimana pengalaman saya melalui tahapan demi tahapan hanya untuk membuat 1 (satu) postingan/artikel blog di bawah ini.

Baca juga: Cobalah 5 Jasa Ini Untuk Menghasilkan Uang Lewat Blog

Menentukan Judul Artikel

Hal yang pertama saya lakukan adalah menentukan judul artikel yang akan kita buat, saya rasa kalian juga pasti demikian dan setelah saya sudah mendapatkan topik yang akan saya ulas misalkan seperti ini

Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog

Saya langsung mencoba untuk riset pada mesin pencarian google untuk mengetahui apakah judul artikel yang saya buat ini sudah banyak yang menggunakan? jika hasilnya masih sedikit saya akan tetap menggunakan judul awal tadi (lihat Gambar) namun jika ternyata sudah banyak blogger yang membahas itu saya akan berganti judul artikel.

Alasannya sangat sederhana jika judul artikel yang kita buat sudah banyak yang menggunakan maka otomatis persaingan dimesin pencarian sangatlah berat apalagi jika kita buta akan SEO (search engine optimization) maka jangan harap artikel yang sudah susah payah kita buat akan nongkrong manis dalam pageone google.

Baca juga: Bukan Rahasia, Inilah 7 Tips Memilih Jasa SEO Terbaik

Selanjutnya..

Mencari Properti Gambar Postingan

Tentunya kita membutuhkan sebuah properti gambar/images untuk melengkapi artikel yang sedang kita buat. Menurut saya ini sangatlah penting coba saja kalian bayangkan jika membaca artikel yang cukup panjang namun tidak ada gambarnya? bagaimana rasanya? saya sudah mengalami dan memang sangat membosankan.

Oleh sebab itu kita butuh gambar pendukung dan sebelum saya mengupload gambar, biasanya saya mengubah besarnya size ukuran gambar tersebut, karena jika gambar yang kita upload terlalu besar maka akan menggangu loading blog kita (gambar lama dimuat saat loading).

Biasanya saya pergi ke situs https://compressimage.toolur.com/ dan untuk penampakannya seperti berikut

Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog

Usahakan mengubah ukuran file maksimal 100 KB dan untuk caranya sobat bisa lihat pada postingan sebelumnya di sini Cara Paling Mudah Dan Cepat Mengubah Ukuran Size Pada Gambar.

Yang terakhir

Mencari Bahan Refrensi

Setelah dua langkah di atas sudah selesai selanjutnya saya mencari bahan untuk refrensi pendukung artikel yang saya buat namun tidak (copy paste) saya biasanya membaca-baca artikel di blog lain namun tidak menyalinnya hanya sebagai refrensi saja.

Setelah memahami spesifik apa yang kita mau tulis/bahas barulah kita uraikan dengan gaya tulisan kita sendiri sehingga menjadi satu kesatuan paragraf yang enak dibaca dan tentunya bagus hehehe..😊

Setelah saya yakin semua sudah oke, tidak ada kesalahan maka saya akan coba (pratinjau) seperti berikut untuk mengecek apakah ada kesalahan dalam penulisan atau kata per (huruf)

Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog

Setelah itu langsung saya publikasikan dan saya membuka Google Webmaster Tools untuk submit URL artikel yang baru saya terbitkan tersebut (lihat gambar) di bawah ini dan membagikannya (share) ke medsos kita.

Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog

SELESAI....

Inilah Tahapan Yang Saya Lalui Ketika Membuat Postingan Blog, bagaimana dengan anda? happy blogging!

Bagikan:

Kami sangat senang jika anda membuka halaman ini! Kami memberikan kesempatan bagi anda yang ingin berbagi tulisan apapun di blog ini dengan menjadi Penulis Tamu

rajabacklink
Comment Policy: Berkomentarlah dengan cerdas, karena pintar saja tidak cukup. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar