Skip to main content

Jangan Panik! Ini Yang Harus Kalian Lakukan Saat Kartu ATM Anda Tertelan

Jangan Panik! Ini Yang Harus Kalian Lakukan Saat Kartu ATM Anda Tertelan

Jangan Panik! Ini Yang Harus Kalian Lakukan Saat Kartu ATM Anda Tertelan - kejadian kartu ATM tertelan bukanlah hal baru sebab kasus seperti ini bisa saja terjadi pada siapa saja, entah apa penyebab utamanya sehingga kartu ATM bisa tertelan tapi yang pasti ada error pada mesin (kerusakan) yang kita tidak sadari.

Baru-baru ini saya mengalami hal tidak menyenangkan ketika mencoba tarik uang lewat mesin ATM tiba-tiba kartu saya tidak keluar lagi dan layar pada mesin ATM menjadi blank, tentu saja saat itu saya sangat panik/kaget karena ini merupakan pengalaman pertama saya seumur hidup punya kartu ATM lalu tiba-tiba tertelan.

Lalu saya langsung menghubungi customer service Bank tersebut untuk meminta pemblokiran (saya menggunakan kartu ATM BCA) dan dalam waktu beberapa menit nomor rekening saya langsung terblokir dan tidak bisa diakses via klikbca maupun BCA Mobile. (Customer BCA yang sigap dan keren 😎).

Baca Juga: Pengalaman Menggunakan Aplikasi Kredivo dan Akulaku, Mana Yang Lebih Baik?

Saya baru sadar sebenarnya untuk memblokir kartu ATM bisa melalui aplikasi BCA Mobile namun karena ini baru pertama kali dan saya sedang panik jadi tidak kepikiran sampai kesitu yang saya pikirkan saat itu hanya menghubungi CS BCA saja 😢.

Jangan Panik! Ini Yang Harus Kalian Lakukan Saat Kartu ATM Anda Tertelan

Kita bisa lihat menu aplikasi pada BCA Mobile ada menu untuk memblokir kartu ATM, karena saya sedang panik jadi tidak inget hehehe, padahal setiap hari saya selalu membuka aplikasi ini namun tidak menyadarinya 😑.

Setelah kejadian tersebut otomatis saya harus mengurus ulang dengan mendatangi kantor BCA untuk meminta kartu ATM baru dan membuka blokiran rekening yang sebelumnya sudah terblokir. Prosesnya tidak lama kurang lebih 30 menit saya sudah bisa menerima kartu ATM dalam keadaan aktif.

Jangan Panik! Ini Yang Harus Kalian Lakukan Saat Kartu ATM Anda Tertelan

Syarat Pengurusan Kartu ATM Hilang

Sebelum kita memutuskan mengurus kembali kartu ATM sebaiknya Anda persiapkan dulu data-data yang dibutuhkan agar tidak bolak-balik seperti KTP (kartu Tanda Penduduk) serta buku tabungan harus kita bawa untuk proses pengurusan.

Bagaimana Jika Buku Tabungan Hilang?

Ini hanya pendapat saja yah! sebab saya belum pernah juga, tapi menurut saya untuk masalah buku tabungan tidak menjadi soal kecuali KTP yang hilang mungkin agak susah ngurusnya (bukan berati tidak bisa) hanya saja proses bisa menjadi lebih rumit.

Berapa Biayanya?

Pengalaman saya mengurus pembuatan kartu ATM baru pada Bank BCA itu gratis, saya tidak mengeluarkan uang untuk biaya admin dll, malahan saya dikasih permen dan minum gratis hehe, namun kebijakan tiap Bank terkadang suka berbeda dan bisa saja Anda membayar biaya admin jika pada Bank lain (tergantung)

Intinya ketika kartu ATM kalian hilang hal pertama yang kita lakukan ialah memblokir nomor rekening dengan menghubungi CS Bank Anda terlebih dahulu agar kejadian tidak diinginkan tidak terjadi seperti uang Anda hilang tiba-tiba karena ada yang menyalahgunakan dll.

Masalah prosesnya, jika pada Bank lain saya rasa tidak jauh berbeda dengan Bank BCA kurang lebih pasti sama harus membawa buku tabungan dan kartu identitas (KTP) dll.

Semoga pengalaman kecil ini dapat menambah wawasan serta pengalaman buat sobat jika mengalami hal serupa, jangan panik! dan tetap berpikir jernih sebab dalam kondisi panik terkadang akan membuat kita susah berpikir (blank).

Jangan lupa senyum hari ini 😊

Penulis: Rico

Judul Artikel: Jangan Panik! Ini Yang Harus Kalian Lakukan Saat Kartu ATM Anda Tertelan

Catatan: Jangan lupa share artikel yang kamu baca ini!

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain ricods.web.id - Terima kasih.
Comment Policy: Berkomentarlah dengan cerdas, karena pintar saja tidak cukup!
Buka Komentar
Tutup Komentar